VERIFIKASI SUARA MENGGUNAKAN METODE MFCC DAN DTW MENGGUNAKAN METODE MFCC DAN DTW (BAB I PENDAHULUAN)


BAB I
PENDAHULUAN

Pada bab ini diuraikan latar belakang, rumusan masalah yang akan dibahas dalam BAB IV, tujuan penelitian, manfaat penelitian, ruang lingkup dan batasan masalah dalam pembuatan sistem untuk mempersempit ruang lingkup pembahasan, serta sistematika penulisan yang digunakan dalam pembuatan laporan Tugas Akhir.
1.1  Latar Belakang
Perkembangan teknologi terutama dalam bidang komputer saat ini melaju sangat pesat. Hal tersebut dipicu oleh perkembangan ilmu pengetahuan disertai kebutuhan manusia akan teknologi canggih yang dapat mempermudah pekerjaan. Salah satu teknologi dibidang komputer yang banyak diteliti saat ini adalah teknologi biometrika. Teknologi biometrika merupakan suatu teknik pengenalan diri menggunakan bagian tubuh atau perilaku manusia. Teknologi ini mememuhi dua fungsi penting yaitu identifikasi dan verifikasi. Sistem identifikasi bertujuan untuk memecahkan identitas seseorang. Sedangkan sistem verifikasi bertujuan untuk menolak atau menerima identitas yang diklaim oleh seseorang.
Kebutuhan akan sistem keamanan yang tangguh merupakan salah satu faktor penting kenapa teknologi biometrika terus dikembangkan. Sistem keamanan lama yaitu dengan menggunakan password saat ini sudah banyak kelemahannya. Disamping itu banyak orang hanya menggunakan satu password untuk segala hal, mulai dari e-mail, penggunaan kartu ATM, sampai menjadi keanggotaan mailing list. Kelemahan penggunaan password tersebut dapat diatasi dengan menggunakan teknologi pengenalan suara (Syah, 2009). Teknologi pengenalan suara (speaker recognition) merupakan salah satu teknologi biometrika yang tidak memerlukan biaya besar serta peralatan khusus. Pada dasarnya setiap manusia memiliki sesuatu yang unik/khas yang hanya dimiliki oleh dirinya sendiri. Suara merupakan salah satu dari bagian tubuh manusia yang unik dan dapat dibedakan dengan mudah. Disamping itu, sistem biometrika suara memiliki karakteristik seperti, tidak dapat lupa, tidak mudah hilang, dan tidak mudah untuk dipalsukan karena keberadaannya melekat pada diri manusia sehingga keunikannya lebih terjamin (Syah, 2009).
Dari permasalahan diatas, dalam  tugas akhir ini akan dibahas mengenai bagaimana merancang dan membuat suatu perangkat lunak yang dapat  melakukan verifikasi terhadap seorang pembicara dengan menggunakan metode MFCC sebagai ekstraksi feature dan DTW untuk proses pencocokan.
1.2  Rumusan Masalah
Dari latar belakang diatas, terdapat beberapa masalah yang dapat dirumuskan sebagai berikut :
1.      Bagaimana membangun suatu aplikasi sederhana yang dapat memverifikasi seorang pembicara dengan metode MFCC dan DTW ?
2.      Sejauh mana tingkat kesuksesan sistem dalam memverifikasi seorang pembicara ?
1.3  Tujuan
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah :
1.      Membangun suatu aplikasi sederhana yang dapat memverifikasi seorang pembicara dengan metode MFCC dan DTW.
2.      Mengetahui tingkat kesuksesan sistem dalam memverifikasi seorang pembicara.
Manfaat yang dapat diberikan dari penyusunan tugas akhir ini adalah :
1.      Memberikan informasi mengenai suatu aplikasi yang dapat memverifikasi seorang pembicara dengan metode MFCC dan DTW.
2.      Memberikan informasi mengenai tingkat kesuksesan yang dapat dilakukan oleh sistem yang dibuat dengan metode MFCC dan DTW.
Melihat luasnya permasalahan yang dapat ditimbulkan maka dalam pembuatan aplikasi ini akan dibatasi menjadi beberapa hal yaitu :
1.      Suara yang akan diproses oleh perangkat lunak ini diinputkan dengan menggunakan microphone.
2.      Aplikasi ini hanya akan mengenali pembicara, tidak mengenali apa kata yang diucapkan oleh pembicara.
3.      Aplikasi ini hanya mengenali pembicara yang sudah didaftarkan ke sistem.
Dalam penulisan ini terdiri dari beberapa bab :
BAB I    :  PENDAHULUAN
               Berisikan latar belakang mengenai suatu aplikasi sederhana yang dapat memverifikasi seorang pembicara dengan metode MFCC dan DTW, rumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, ruang lingkup dan batasan masalah, serta sistematika pembahasan.
BAB II   :  TINJAUN PUSTAKA
              Berisikan teori-teori dasar yang menunjang dalam pembuatan perangkat lunak verifikasi suara menggunakan metode MFCC dan DTW. Teori yang disertakan antara lain : konsep dasar dari pengenalan suara, proses produksi suara, fitur ekstraksi dengna metode mel frequncy cepstrum coefficients, dan pencocokan dengan metode dynamic time warping.
BAB III :  METODE DAN PERANCANGAN SISTEM
  Berisikan waktu dan tempat penelitian, sumber data dan metode pengumpulan data, perancangan sistem, metode analisis dan alur analisis.
BAB IV :  HASIL DAN PEMBAHASAN
Bab ini berisikan hasil dari pengujian sistem pengenalan suara yang dibuat. Dari pengujian ini akan diketahui tingkat kesuksesan sistem dalam melakukan verifikasi. Hal tersebut diketahui dengan melihat persentase dari rasio kesalahan kecocokan (FMR) dan rasio kesalahan ketidakcocokan (FNMR)
BAB V   :  PENUTUP
            Menguraikan simpulan dari analisa hasil pengujian yang diperoleh, kekurangan dan kelebihan metode yang digunakan serta saran yang dapat diberikan untuk penelitian lebih lanjut.

*file dapat di dowload DISINI 


Comments

Popular posts from this blog

Review Pemakaian Lenovo K900 Mati Total (Matot)

VERIFIKASI SUARA MENGGUNAKAN METODE MFCC DAN DTW MENGGUNAKAN METODE MFCC DAN DTW (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)

VERIFIKASI SUARA MENGGUNAKAN METODE MFCC DAN DTW MENGGUNAKAN METODE MFCC DAN DTW (BAB III METODE DAN PERANCANGAN SISTEM)